WELCOME TO MY BLOG

Calon Penulis, Psikolog, Violinist, Komikus, dan Musisi yang akan menghias dunia dengan imajinasinya.

SABTU PERTAMA DI SUATU RUANGAN DKJ


Hai, guys! Vena mau share nih tentang salah satu kegiatanku.
Sebelumnya aku menerima kabar kalau aku lolos seleksi Kelas penulisan cerita anak DKJ. 

link pengumuman nya di : https://dkj.or.id/berita/peserta-terpilih-kelas-penulisan-cerita-anak-komite-sastra-dkj-2017/ 

So, senang banget deh! Aku mulai atur jadwal, karena hari sabtu aku ada latihan biola. Oh, iya aku belum cerita tentang kegiatanku bersama biola juga, ya? Oke, oke aku janji nanti aku ceritain!
Back to story, jadi aku atur jadwal selesai kelas penulisan itu ngejar waktu untuk bisa latihan biola. Oke, setelah jadwal udah di atur, aku gak sabar mau cepet-cepet hari sabtu.

Skip, pagi sabtu aku ngamuk dibangunin pagi-pagi sama mommy. Soalnya sekolahku libur kalau hari sabtu, biasanya bangun pagi sih, wkwkwk... Kamipun berangkat ke Jakarta.

Sampai di sana, udah ada beberapa orang. Pikiranku jadi tegang karena aku anak sekolah sendiri di ruangan itu. Semua sudah kumpul.
Pelajaran di mulai, sebelumnya kenalan dulu.
Pelajarannya itu tentang menulis cerita anak. Yoo, aku memang lebih suka nulis cerita anak-anak. Mungkin karena cerita anak lebih gampang, gak seperti cerita remaja soal romance. 

Nah, ada dua tugas yang diberikan saat itu. Pertama disuruh tulis tentang buku cerita anak yang masih diinget sampai sekarang dan berkesan. Kedua, mendeskripsikan singkat tentang sahabat.
Tugasnya lalu dibacakan. Aku kagum sama yang lain karena tulisan mereka bagus. Ada kakak-kakak yang lucu juga.

Nah, ini yang aku tulis dengan tugas itu.

1. BUKU CERITA ANAK YANG BERKESAN BUATKU 

 Buku yang masih aku ingat sampai sekarang dan berkesan adalah buku pertama yang bikin aku jadi pengen nulis cerita juga. Judulnya Good Luck, Bimbie!
Itu cerita tentang fantasi makhluk planet lain yang terlempar ke bumi. Lalu bertemu dengan manusia-manusia, beradaptasi dengan mereka, sampai akhirnya pulang kembali dunianya.
Ceritanya seru dan aku kaget waktu tahu yang nulis juga anak kecil. Jadi, aku semangat dan mulai bayangin sesuatu dan menulis di buku tulis. 

(Tulisanku yang ini dikit soalnya aku kebanyakan mikir dulu wkwkwk)

2. SAHABAT 

Annisa Syahrani namanya. Dia tidak suka dipanggil Syahrani. Dia suka segala hal yang keren dan bagus. Penampilannya mengikuti apa yang banyak di pakai oleh anak-anak lainnya. 

Duduk sebangku dengannya pasti akan mendengar segala curhatan. Tidak kenal waktu, ada guru atau tidak.

Dia selalu penasaran dengan apapun. Termasuk rahasia-rahasia. Ia selalu berjanji untuk tidak akan memberitahukan pada siapapun. Kadang, ia suka keceplosan. Dan akhirnya meminta maaf, dengan wajah lucunya.
-----
Nah, itu dia tentang kegiatan aku sabtu pertama di kelas penulisan DKJ. Alhamdulillah, pengetahuanku jadi bertambah lagi. Jadi gak sabar untuk sabtu kedua dan seterusnya.
Oh, iya selain tugas, di kelas ini juga ada PR :v . Jadi berasa kayak di sekolah khusus sastra gitu, hehehe...
Terus, senangnya bisa dapat buku Na Willa dan tanda tangan penulisnya, kak Reda Gaudiamo yang keren banget ^,^

Tunggu cerita aku selanjutnya di kelas penulisan ini ya, guys...


~Vena~

HEY GUYS! INI KABAR KARYAKU TERBARU

Hello, All! Udah lama banget gak posting di blog. Ada yang kangen gak ya? (PD, Personal Disorder! Wkwkwk)

Oh, iya karena lama gak posting blog, gak update tentang karya-karya terbaruku.

Ini adalah karya-karya terbaruku.

PECI : HADFIZAH CILIK


PECI ADIK KEBANGGAN


SEPUCUK SURAT UNTUK ALLINAADINDA

KKPK : ACHEL THE ACHER 

KKPK CLASS : SIAPA DALANGNYA

PECI : SEPUCUK SURAT UNTUK MALAIKA


Nah, itu guys, daftar karya-karyaku. Itu aku urutkan ya menurut tanggal terbit.
So, kalau ketemu buku-buku di atas, masukin kerancang kalian, ya!


Segitu dulu ya postinganku. Kalau kangen, kontak pribadi aja ya wkwkwk.


Salam kangen,


Vena ❤❤❤❤


Puisi Spesial Kartini : CITA-CITA BUNGA BANGSA

Puisi yang dibuat oleh manusia spesial hari kartini lalu 21-04-2016 kemarin... Enjoy...

CITA-CITA SANG BUNGA BANGSA
Karya : Nathania Luvena Lais

Berawal dari apa yang dilihatnya
Suatu kaum, yang diremehkan
Yang diperlakukan berbeda
Mulailah, pikiran luasnya terbuka...

Mengapa mereka diperbedakan?
Salahkah, bila mereka berpendidikan?
Mengapa mereka yang selalu salah?
Apa salah mereka?

Dia, sang bunga bangsa
Lewat kelembutan, dan keberaniannya
Salurkan pemikiran, pada kaum itu
Bertekad, mengubah nasib anak-cucunya

Saat dia telah berjaya,
Pergi meninggalkan surat-suratnya
Yang diwariskan untuk anak cucunya
Yang nasib mereka, telah diubah,..

~~~~~
Hahahaa... Gaje alias gak jelas yah? Yahhh, masih pemula nih buat puisi... Oke, i just want to sharing my imajination ^_^
Kritik? Saran? AKu terima kok... Koment yahhh... 1 komentar kalian berhaga buatku...
Okay, all.... Wish we all will be next generation of 'Kartini' ^_^


Regard,

NathLuvena :)

My new book~ Just Do It Bobby! ~Nathania Luvena Lais

Hallo, teman-teman ^_^ Apa kabar semuanya? Lagi musim sakit nih, ya? Semoga kita terlindungi yahh :D

Siapa yang lagi bingung nih buat daftar belanja di toko buku? Terutama para book lover? Atau yang lagi cari hadiah buat adik atau temannya nihh?
Awal maret yang Indah kemarin, sampai 10 bukti buku Just Do It, Bobby!
Wahhh, senangnya...
Ini karyaku yang baru di terbitkan!

Judul : Just Do It, Bobby!
Karya : Nathania Luvena Lais
Penerbit : Tiga Serangkai
Seri : The Story Exproler
Sinopsis :
Siapa bilang punya kakak yang pintar dan berprestasi selalu menyenangkan? Bobby malah kesal tuh, karena suka dibanding-bandingkan begitu.
Bobby yg suka main, paling sebal kalau dibanding-banding kan begitu. Belum lagi saat ada anak baru dikompleksnya. Wahhhh cerita seru apa lagi yah yg Bobby alami?
---------------------------------------------
Nahhh, tertarik gakkk? Yuk, beli karyaku yang baru!!!
Masukkin pada Shopping Book List, ya....
Oh, ya, bukuku ini terinspirasi dari kisah nyata aku dan Bob Riandu Rahman Lais, adikku.
Beli yuk, buku terbaruku! Ikuti kisah Bobby dan Neva di buku ini....


Salam hangat dari Vena ^_^

A Great Novel for Read : Kekasih Cahaya by Achi TM.



Kekasih Cahaya.
Author by : Achi TM
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ketika sudut-sudut mimpi sudah penuh oleh kegelapan,
Keegoisan dan nafsu
Maka tak akan ada lagi ruang bagi sebuah perjuangan.

Karena berjuang itu adalah proses,
adalah bagaimana meraih dengan susah payah, adalah kembali ke jalan Allah dan berjuang itu adalah mata dan tanganmu.

Matamu
yang payah membaca alam,
Tanganmu
yang letih menuliskan
Kebaikan....
~~~~~~~~~~~~
Cahaya dan Embun, dua sahabat yang tinggal di pinggir Bandara Soekarno Hatta. Mereka sama-sama anak miskin yang tidak sekolah. Cahaya yang tuna netra sejak lahir belajar menjadi tukang kebun kepada pamannya. Ia pun bekerja pada Pak De. Setiap kali datang untuk bekerja di kebun, Cahaya selalu ditemani bacaan novel oleh Pak De dari teras. Pak De senang membacakan novel karangan Langit Jingga Tenggara. Ia terpikat dengan keindahan novel yang dibacakan Pak De. Ia jatuh cinta pada novel itu, pada penulisnya!

Cahaya mengatakan pada Embun bahwa ia ingin jadi penulis, ingin bertemu Langit Jingga Tenggara. Embun mengejek cita-cita Cahaya. Bagaimana mungkin seorang tunanetra bisa jadi penulis? Oleh Pakde, Cahaya dikenalkan dengan Pak Ibrahim yang memiliki perpustakaan braille. Mulailah warna baru dalam dunia Cahaya.

Berhasilkah Cahaya mewujudkan mimpinya menjadi penulis? Apakah ia akhirnya bertemu dengan Langit Jingga Tenggara?
~~~~~~~~~~~~~

Hallo, my readers blog!
Itu apaan tuh, yang aku tulis di atas?
Itu adalah novel yang keren banget, lho! apalagi penulisnya kak Achi TM yabg juga keren, seorang pendiri pengembangan Talenta bernama : Rumah Pena. Wow!
Teman-teman yang suka baca, novel ini cocok banget  buat menemani liburan kalian.

Kekasih Cahaya. Cerita yang begitu seru di setiap bagian-bagiannya.
Alur cerita yang penuh dengan kejutan yang tak terduga.
Hati-hati juga baca buku ini!
Kata buku ini akan menghipnotis kamu untuk terus dan terus membaca.

Cerita tentang persahabatan, semangat, keikhlasan, cinta, dan ketulusan. Semuanya bercampur aduk, membuat novel kak Achi TM ini makin perfect.

Paling suka di bagian semangat cahaya untuk mengejar cita-citanya dan ketika semua rahasia perasaan Embun yang selalu berlebihan menjaga Cahaya.... Tapi semuanya memang keren :D

Mengajarkan kita untuk semangat, ikhlas dan tulus menjalani apapun yang terjadi, dan banyak pengajaran lainnya. Novel Kak Achi pantas dibaca oleh kalian!

Untuk kalian yang suka membaca.
Untuk yang sedang Bosan dengan liburan nanti.
Untuk yang lagi menyiapkan jadwal kegiatan untuk liburan
Untuk Kalian yang suka menulis tapi tidak punya ide atau malas menulis.
Untuk kalian yang merasa tidak bisa mengejar cita-cita.

Dan untuk semuanya, novel kekasih cahaya ini cocok banget buat kalian!

Rasakan sensasi permainan hati ketika membaca buku ini...

(Jujur. Semangat nulisku timbul lagi setelah baca buku ini, lho)

Yuk, semua, beli dan baca buku keren kak Achi TM ini....

Kekasih Cahaya.
"Dalam pekat kegelapan, ketajaman mata hatimulah yang akan membawamu menuju harapan dan impian..."
Author by: Achi TM

(Maaf kak Achi, kalau tulisan resensiku jelek atau ada yang salah. Hihihiiii)

Salam penuh semangat...


Nathania Luvena Lais.

Ayo Semangat Pemuda-Pemudi Indonesia!!!

28 Oktober?
Muda-Mudi Indonesia harus tau dong hari ini sebagai hari apa!!!
Ya, Hari ini adalah HARI SUMPAH PEMUDA!
Wahhhh!
Kita sebagai muda-mudi Indonesia tau dong, bagaimana teks Sumpah Pemuda!!
Yuk, kita bacakan sambil hormar pada tiang bendera merah putih kita!!!
"Kami putra dan putri Indonesia Mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia berbahasa yang satu, bahasa INDONESIA! MERDEKAAAA"

Horeee! Selamat Hari Sumpah Pemuda!!!!
Yuk hormati para pahlawan Indonesia yang telah berjasa!
Mari kita-PemudaPemudiIndonesia- meneruskan perjuangan para pahlawan kita! 

Jangan sampai, kita jadi muda-mudi yang tidak benar!
Di Hari Sumpah Pemuda Ini, mari kita menjadi muda-mudi yang baik, dan menjadi generasi emas bagi Negera kita tercinta ini!!!

MERDEKAAAAAAA!!!!

Salam semangat'45,


Nathania Luvena Lais.

Lanjoetkan Kertja Kita! Semangaaaat!

Lestarikan Batik, Lestarikan Kebudayaan Indonesia!

Hallo sahabat! Sekarang tanggal berapa? 2 Oktober 2015!
Wow... Ada yang tahu gak, sekarang itu diperingati sebagai hari apa? Hayooo... Sebagai warga Indonesia, kita harus tahu dong!
Hari ini adalah Hari Batik Nasional! Wahhh, kita sebagai warga Indonesia harus bangga dong!
Batik sudah diakui bahkan oleh orang-orang luar negeri. Oleh-oleh yang dibawa Turis dari Indonesia salah satunya juga batik!
Wah, bangga banget yah!
Nah, mumpung hari ini hari batik nasional... Tema hari ini adalah : Batik. Hehehe...Maka sekarang Vena mau ngasih pengetahuan nih untuk kalian semuaaa!
Kalian tahu batik, tapi tahu gak sih sejarah batik?
Batik berasal dari bahasa Jawa yang tersusun atas dua kata yaitu "amba" yang mempunyai arti 'menulis' dan kata "titik".Istilah batik ini merujuk kepada kain dengan corak bahan. "malam" ( alat membatik ) yang di gunakan untuk menahan warna masuk ke bahan atau dengan kata lain alat yang digunakan untuk menuliskan corak dalam membuat batik.pada zaman dahulu corak yang di hasilkan pada umumnya adalah corak binatang dan tanaman.

Sejarah Batik Indonesia

Pada Abad XVII batik ditulis oleh nenek moyang bangsa indonesia di atas Daun Lontar.dengan corak binatang dan tanaman kemudian seiring bergulirnya waktu,corak batik berganti menjadi corak beralih pada corak bermotif abstrak yang menyerupai awan ,relief candi,wayang beber dan sebagainya dang media yang di gunakan mulai menggunakan bahan kain putih hasil tenunan sendiri.Dan mulai menggunakan warna yang terbuat  dari tumbuh - tumbuhan yang terdapat pada kekayaan alam di indonesia. Tumbuh - tumbuhan yang sering digunakan antara lain pohon mengkudu,tinggi,soga dan nila,dengan menggunakan bahan soda dari soda abu dan garam yang digunakan dari tanah lumpur.

Batik di indonesia telah di kenal sejak zaman kerajaan majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan selanjutnya. Batik mulai meluas pada akhir abad ke XVIII atau awal abad ke XIX. pada zaman ini batik yang tercipta semuanya merupakan batik tulis sampai awal abad ke XX baru pada tahun 1920 seusai perang mulai muncul Batik Cap.

Nahhh, itu dia yang Vena bisa berikan info tentang batik di hari batik nasional ini....
Kita harus bangga dong dengan kebudayaan kita ini dan ikut melestarikannya!

Go,go! Anak bangsa, remaja bangsa, dan semua warga bangsa Indonesia, mari lestarikan kebudayaan Indonesia, contohnya adalah batik kitaaa!

Macam-macam batik ada di Indonesia! Setiap daerah punya batik khas sendiri. Itulah yang membuat Indonesia kaya akan kebudayaannya!

Sampai disini dulu Vena sampaikan tentang Batik!
Yuk, Lestarikan Batik!
Lestarikan Batik, Lestarikan kebudayaan Indonesia!

Salam hangat sehangat mentari untuk Kita Warga Indonesia di hari batik nasional ini!!!!

-Nathania Luvena Lais-

And.... happy Batik's Day 2015!

LOMBA PENULISAN CERITA REMAJA ISLAMI (CERIS) SISWA SMA/SMK

Hai, buat temen-temen yang udah duduk di bangku SMA/SMK ada lomba menulis cerpen dengan hadiah yang wow banget. (Sayangnya aku masih SMP T.T)
Sebelumnya yuk, baca dulu syarat selengkapnya. 

MAKSUD DAN TUJUAN
Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) Siswa SMA/SMK tahun 2015 dimaksudkan sebagai sarana aktualisasi siswa dalam mengembangkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan mereka di bidang PAI. 

Adapun tujuan lomba adalah sebagai berikut :
  • Menggali potensi, minat dan bakat siswa yang selaras dengan pencapaian tujuan PAI
  • Menumbuhkan sikap mental bersaing yang positif di kalangan siswa
  • Memotivasi siswa untuk lebih berprestasi
  • Menumbuhkan budaya menulis cerita islami di kalangan siswa
  • Mewujudkan religious culture di sekolah dalam rangka menguatkan karakter bangsa  
  • Mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan dan kesatuan bangsa di kalangan siswa

KETENTUAN LOMBA

1. TEMA LOMBA
Judul cerita ditentukan oleh penulis, mengacu pada tema lomba yaitu :
"RAYAKAN DENGAN BERSYUKUR

2. PERSYARATAN PESERTA
Peserta lomba penulisan cerita remaja islami (Ceris) adalah siswa SMA/SMK aktif yang beragama Islam 

3. KETENTUAN UMUM
  • Cerita diangkat dari keseharian, fiksi atau non fiksi, bukan kisah nabi, bukan kisah sahabat nabi, atau tokoh legenda.
  • Tidak mengandung unsur yang mengarah pada isu SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan), politik, kemusyrikan, pornografi, dan khilafiyah.
  • Mengandung pesan moral, akhlak dan budi pekerti baik.
  • Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Naskah cerita harus asli, belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  • Menyertakan identitas lengkap dilampiri fotokopi KTP/Kartu Pelajar, alamat sekolah dan nomor telepon yang mudah dihubungi.
  • Membuat surat pernyataan dengan materai Rp. 6.000,- bahwa naskah cerita adalah hasil karya sendiri bukan jiplakan, terjemahan atau saduran dan bersedia dikenai sanksi bila didapati adanya pelanggaran.
  • Menyertakan surat pengantar dari kepala sekolah.
4. KETENTUAN KHUSUS
  • Cerita berkesinambungan sampai tamat.
  • Naskah cerita diketik pada kertas HVS A4 dengan spasi 1,5 jenis huruf (font type) Times New Roman dengan ukuran huruf (font size) 12. Adapun batas (margin) atas 2 cm, batas (margin) bawah 2 cm, batas (margin) kanan 2 cm, batas (margin) kiri 3 cm.
  • Jumlah halaman minimal 60 halaman.
  • Sistematika penulisan Ceris sebagai berikut :
  1. Cover
  2. Pernyataan orisinalitas karya
  3. Sinopsis, maksimal 1 halaman dengan spasi 1
  4. Kata pengantar
  5. Daftar isi
  6. Isi Ceris
  7. Riwayat hidup
5. KRITERIA PENILAIAN
  • Relevansi judul dengan tema penulisan (10%)
  • Orisinalitas cerita (10%)
  • Bahasa (20%)
  • Karakter tokoh (20%)
  • Pesan moral cerita dan isi (30%)
  • Tampilan naskah (10%)
6. HAK CIPTA
Hak cipta naskah ada pada penulis. Kementrian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berhak menerbitkan naskah untuk 1 (satu) kali penerbitan atau mempublikasikan dalam situs resmi setelah penetapan pemenang tanpa royalti.

7. MEKANISME LOMBA
  • Dari hasil seleksi berkas akan didapatkan 10 (sepuluh) orang finalis yang akan diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2015 di situs resmi Kementrian Agama  : www.pendis.kemenag.go.id/pais. Pemenang juga akan dihubungi via telepon dan surat resmi panitia.
  • 10 (sepuluh) orang finalis dari hasil seleksi berkas akan diundang oleh panitia untuk mempresentasikan naskah cerita di hadapan tim juri, dengan alokasi waktu selama 7 menit untuk masing-masing peserta dilanjutkan dengan tanya jawab. 
  • Setiap peserta disertai pendamping sesuai kuota yang ditetapkan terdiri dari kepala sekolah dan/atau guru PAI dan/atau orangtua siswa yang bersangkutan.
  • Kegiatan presentasi dan penetapan juara akan dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2015.
  • Para pemenang yang telah ditetapkan akan menerima penghargaan dan hadiah yang diserahkan langsung oleh Menteri Agama pada acara Apresiasi Pendidikan Islam.
  • Keputusan tim juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
8. HADIAH DAN PENGHARGAAN
  • Untuk 10 (sepuluh) pemenang Lomba Penulisan Ceris Siswa SMA/SMK ini akan diberikan hadiah berupa :
  1. Juara I = Rp. 17.000.000,-
  2. Juara II = Rp. 15.000.000,- 
  3. Juara III = Rp. 13.000.000,-
  4. Juara Harapan I = Rp. 11.000.000,-
  5. Juara Harapan II = Rp. 10.000.000,-
  6. Juara Harapan III = Rp. 9.000.000,-
  7. Juara Berbakat I, II, III dan IV = Rp. 6.000.000,- / orang
  • Selain menerima hadiah dalam bentuk uang, masing-masing pemenang juga akan menerima piagam penghargaan dan tropi.
  • Setiap pajak yang timbul dalam penerimaan hadiah/penghargaan dalam bentuk uang ditanggung oleh masing-masing pemenang. 
9. PENGIRIMAN NASKAH
Naskah Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) Siswa SMA/SMK dapat dikirimkan ke panitia paling lambat tanggal 1 Oktober 2015 (stempel pos).

Ditujukan kepada :
Direktur Pendidikan Agama Islam
Cq. Panitia Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) Siswa SMA/SMK Tahun 2015
Subdit PAI pada SMA Direktorat PAI Ditjen Pendidikan Islam
Kementerian Agama RI
Gd. Kementerian Agama Lantai 6
Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3 - 4 
Jakarta Pusat - 10110 

10. PEMBIAYAAN
Biaya pelaksanaan Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) Siswa SMA/SMK ini dibebankan kepada DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2015

Nahhh, kakak, yuuuk ikutaaan! Siapa tahu, kakaklah yang jadi pemenangnya!

Salam sehangat mentari...
Vena <3

Yuk, Ikut! KONFA 2015!

adilah peserta Konferensi Anak Indonesia 2015

Bobo Online –   Majalah Bobo kembali menggelar Konferensi Anak Indonesia pada tanggal 3 sampai 6 November yang akan datang. Tema yang akan dibahas tahun ini adalah “Aku dan Kotaku”. Nah, nanti teman-teman akan diajak untuk berdiskusi dan mendeklarasikan hasilnya kepada Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia.
Ayo ceritakan pengalaman dan pengamatanmu dalam bentuk tulisan. Pilih salah satu dari 3 judul ini:
  1. Pengalamanku Bermain di Luar Rumah
  2. Taman di Kotaku
  3. Permainan Tradisional Kesukaanku
Kirimkan tulisanmu ke Panitia Konferensi Anak Indonesia 2015 , Redaksi Majalah Bobo, Gedung Kompas Gramedia Lt 3, Jalan Panjang No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530. Karya tulis diterima paling lambat tanggal 8 Oktober 2015 dan wajib disertai formulir Konferensi Anak Indonesia 2015 yang telah diisi lengkap. Formulir terdapat di Majalah Bobo nomor 24, 25, dan 26. Formulir juga dapat diunduh di sini.
Ayo segera kirimkan karya tulismu. Siapa tahu kamu terpilih sebagai delegasi!
Tuh teman-teman yang masih SD, ikutan yuuuuk!
(Sayangnya aku sudah SMP T.T)
Semoga berhasil kawan-kawan hebaaatku!
Salam semanis gula,
Vena....

Yuk BEliii! Hwaiting, Hwaii Ye-Seon. Author by : Nathania Luvena Lais

Hai teman-teman! Wahhh, udah lama gak posting di blog ini ^_^
Ada kabar gembira nih buat teman-teman!
Sahabat ada yang suka memasak? Ada yang suka tentang korea?
Ada yang ingin tahu cara menggapai impian kita?

NAhhh, yuuuk Beli! Bukuku terbitan dari penerbit grasindo!
Judulnya.... Hwaiting, Hwaii Ye-Seon!
 Ini cover bukunya :

Itu dia covernya! lucuuu gak?

yuuuk teman-teman!
Beliii buku ini di gramedia atau toko buku terdekat! ^_^

"Persahabatan, Kegigihan, Kesabaran, Dan lainnya ada pada buku ini..."

Wahhh, yuk beli...
Eh, mau tahu sinopsisnya?
 Sinopsis :
Tidak ada yang lebih membuat gadis cilik asal Korea, Hwai Ye-Seon, bersemangat selain berada di dapur untuk mempraktikkan kemampuan memasaknya. Dan, tidak ada cita-cita yang lebih ingin dia wujudkan selain menjadi The Little Chef Masita.
Berawal dari sekadar coba-coba, Hwai Ye-Seon kemudian menjadi lebih serius dalam bidang memasak. Dengan talenta besar yang dia miliki, dia berhasil bergabung di Jeonmunga Yorihada Hakkyo, sekolah asrama untuk para koki cilik yang ingin mengasah kemampuan memasak mereka.
Tapi perjalanannya tidaklah mudah. Ada orang-orang yang iri pada kemampuannya dan berusaha membuatnya jatuh. Dengan bantuan para sahabatnya, So-Ra, Liene, Sitta, Alberto, dan Jimmy, Hwai Ye-Seon berusaha mewujudkan mimpinya menjadi nyata.
Kejelian, kecepatan, dan kreativitas. Itulah yang dibutuhkan oleh seorang koki hebat. Tidak ada lagi berandai-andai, yang ada hanyalah berusaha keras dan terus berjuang, karena impian apa pun bisa dicapai dengan cara berusaha dan bersabar.
Berhasilkah Hwai Ye-Seon meraih gelar The Little Chef Masita yang selama ini diidam-idamkannya?

Gimana teman-teman? Mau membeli buku karyaku gaaak? Yuuuk dibeliii :D
Semoga bisa menginspirasi kaliaaan semuaa yaaahhhh ;)


Salam hangat sehangat mentari,
Vena...

APA YANG KURANG DARI NASKAHMU?

Hayyyy teman semuanya ;)
Aku mau share tips dari kak Ramdhani Benny nihhh ;)
Apa tuhh? 
Kalian di tolak naskahnya? 
apa sih yang harus diperbaiki dari naskah kalian? 
Baca tips dari kak Ramdhani Benny yuuuk ;)

Saat membaca naskah, terutama dari penulis pemula, ada banyak sekali kesalahan yang berulang dilakukan. Mungkin lebih dari15 items. Intinya saya tulis di sini, lengkapnya nanti saya paparkan di blog:
1. Lebih suka telling ketimbang showing
2. Gaya pengenalan karakter yang membosankan.
3. POV yang acak-acakan
4. Dialog yang tidak efektif.
5. Monolog yang membingungkan.
6. Pembuka yang klise; bertele-tele
7. Kurang variasi dalam aksi.
8. Paragraf yang tidak nyaman.
9. Pengulangan.
10. Kurang riset.
11. Plot tak terkendali
12. Pesan yang terlalu menggurui
13. Pemilihan nama yang kadang menyulitkan untuk mengingat.
14. Tanda baca yang berantakan.
15. Plot yang gampang ditebak.

Cerbung : [BUKAN] LUCID DREAM? (Part 01)

Hai, All! Aku mau sharing karangan aku nihh, cerbungku. 
Dibaca, yahh... judulnya? [BUKAN] LUCID DREAM?
Yukks, Dibaca ^,^

        ★★★
"Apaan sih? Kok lagi rame banget?,"dengan bingung aku bertanya pada mereka.
"Kamu tahu Lucid dream?,"tanya Anne. Aku menggeleng.

Annisya Maharani, itulah nama lengkapku. Nisya, begitulah orang-orang memanggilku. Dua hari lalu aku tidak masuk sekolah. Dan hari ini, aku melihat mereka segerombol sedang ramai sekali. Bahkan tak menyadari aku sudah masuk... Ckckck... Eh, tadi kata Anne? Lucid Dream? Apaan tuh?

"Lucid dream itu mimpi kayak kenyataan!,"jawab Nea.
"Terus kayak asli banget,"tambah Berlinda.
"Dan, kalau mimpi biasa gampang hilang dari ingatan, Lucid dream bisa diingat!,"timpal Gea.
Aku mengangkat alis kiriku. Aku tak mengerti?
"Terus?,"aku bertanya lagi.

"Aku mengalaminya, lho!,"seru Mya.
"Terus?,"aku bertanya lagi.
Plak! Semuanya menepuk jidat.
"Pasti seruuuu bangeet, lah, Nisya!,"seru semuanya membuat telingaku ngilu.
"Lha, mimpi doang!,"jawabku enteng.
"Hei, Lucid Dream itu beda! Aku bisa ngatur mimpi aku!,"seru Mya.
"Ahhh, maksudnya apaan sih?,"aku masih tak mengerti.
"Lucid dream itu mimpi seperti nyata! Di mimpi itu, kita sadar kalau kita ada di alam mimpi! Dan kemudian, kita bisa ngatur mimpi kita! Misalnya kamu mau mimpi ketemu sama artis, eh nanti beneran mimpi itu! Yahhh, begitulah! Kalau tadi malam aku minta mimpi ketemu sama Presiden! Eh, beneran mimpi itu! Terus aku mimpi tinggal di rumah yang super kaya dan besar! Ahhh, pokoknya menyenangkan!," Mya menjelaskan semuanya.
"Wow..,"seruku kecil.
Jadi itu yang namanya Lucid Dream?

Hmmm, aku tertarik! Tetapi, Mya beneran gak sih? Dia beneran atau cuma bohong-bohongan supaya jadi trending topik?

~Bersambung~

Bersambung ke part 2 yah? 
Gimana cerbung part 1 ini? 
Bagus gak? Like&Coment yah! Kalau yg like&comentnya dikit, huhuhu...
Ayo like, coment, saran, and kritiknya! Biar bisa next to part 2!

Remaja? Saat untuk Berkarya!

Dear all teens,

Woaaa, aku aja gak berasa sekarang sudah menginjak usia 12 Tahun.
Usia dimana kita itu berkembang. Secara fisik maupun mental. Secara akal maupun hati.
Dimana tadinya kita adalah Kids sekarang menjadi Teens.
All Teens, di usia dimana kita berkembang ini, dimana kita juga mengalami perkembangan..

Teens, kita menjadi Remaja di zaman yang maju ini.
Dimana kemajuan zaman kita sering digunakan untuk hal-hal yang merugikan sendiri/lainnya.

And, the Teens in this time, not same in the past time.
Remaja sekarang mulai memikirkan gengsi, realita fashionable, and the same with that.

Buat apa kita memikirkan begituan? Teens, gak ada gunanya kita mementingkan hal yang seperti itu...
Teens, kita masih pelajar! And, tugaa pelajar itu adalah belajar untuk masa depan! Bukan buat hal yang begituan!
So, buat apa sih sok gaul, tawuran, dan hal semacamnya?
Kenapa kita gak manfaatin saja masa Remaja kita untuk berkarya?

What? Berkarya? Yes, that is good! Kenapa kita tidak berkarya di masa Remaja kita?
Buatlah karya yang bisa membuat masa depanmu cerah dan lebih bermakna!
Show your Hobby or you tallent! Untuk berprestasi pastinya!

Teens, saatnya kita berkarya untuk berprestasi!
Mari sama-sama kita gunain lah, masa remaja kita untuk hal yang baik, berguna, dan bermanfaat!

So, jangan tunggu-tunggu nanti kerjakannya!
Langsung saja kita gunain, masa kita untuk berkarya! Show up and make you future is colourfull day!
Saat Remaja? Saat kita berkarya lah!

Salamku untuk remaja berkarya!

ESAYKU : DARI HAL YANG KECIL...

Dari hal yang kecil...
Author by : NathLuv
Kalau ada yang bertanya 'Siapa yang membuatmu bahagia?' dan 'siapa yang ingin kau bahagiakan?', apa jawabanmu?
Adakah yang menjawab 'Yang membahagiakanku adalah dua orang yang tulus merawatku dan menjagaku.... Dan merekalah yang ingin kubahagiakan, Ayah dan Ibuku, orangtuaku...'?!
Ingin membahagiankan mereka, apalagi berhasil membahagiakan mereka, adalah perbuatan yang mulia!
Pernahkah kita berpikir membahagiakan juga orang yang selalu membahagiakan kita?
Jangan berpikir lebih bahagia dengan yang lain, karena tidak ada yang bisa membuat kau bahagia selain keluargamu!
Orangtua memiliki cara masing-masing untuk membuat kita bahagia! Kita harus mengerti dan memahaminya!
Hal kecil dan besar dilakukan mereka untuk bahagia kita...
Pernahkah bahagia ketika ibu membuatkan makanan kesukaan kita?
Pernahkan bahagia ketika Ayah memberikan uang jajan tambahan? Itulah contoh hal kecil yang mereka lakukan untuk bahagiakan kita!
Lebih banyak lagi hal besar yang dilakukan! Terkadang kita tak tahu bahwa yang membuat kita bahagia itu adalah hal besar yang dilakukan mereka!
Dan Hal besar yang dilakukan mereka juga dengan usaha dan kerja keras mereka...!
Seperti Ayah yang menyekolahkan kita atas hasil kerjanya mencari nafkah untuk keluarga termasuk sekolah kita, uang jajan kita, makan kita, dan banyak lagi...
Itulah contoh Hal kecil dan Hal besar yang dilakukan orangtua kita untuk membahagiakan kita!
Hal kecil dan Hal besar mereka lakukan apapun caranya untuk kita bahagia!
Ibu melakukan apapun itu untuk kita bahagia. Ayah juga, bekerja keras mencari nafkah untuk kita bahagia...

Apa jawabanmy ketika ada yang bertanya, ' Ayah atau Ibu yang paling ingin kau bahagiakan'?
Ibumu, ibumu, ibumu, ayahmu! Yah, utamakanlah orang yang melahirkanmu  merawatmu dengan cinta dan kasih yang tak terkira sepanjang masa...
Ibu, atau kalian panggil Emak, Mama, Mami, Umi, atau lainnya, tetaplah orang yang paling hebat bagi diri kita!
Bayangkan betapa sulitnya Ibu menjaga kita sebelum kita dilahirkan, ketika ia berjuang melahirkan kita, kemudian membesarkan kita...
Buka berarti Ayah tidak penting! Ayah juga yang bisa buat kita bahagia!
Karena dia juga ikut membesarkan kita dan bekerja rela pagi pulang pagi untul mendapatkan uang supaya bisa menghidupkan keluarganya... Untuk makan keluarga, sekolah anak-anaknya, dan banyak lagii..
Apa yang ingin kita lakukan untuk membuat mereka bahagia juga?
Ingin menghajikan atau memberangjatkan umroh kedua orangtua kita? Ingin memberikan uang banyak, rumah megah, mobil mewah untuk mereka? Ingin mengajak jalan-jalan ke paris, italia, amerika, milan, atau lainnya?
Hal besar yang menyenangkan apabila berhasil mewujudkannya!
Bagaimana ketika sulit sekali mewujudkannya? Kita bisa lakukan hal kecil yang membuat mereka bahagia! Karena hal kecil itu mudah dan bisa dilakukan siapapun!
Hal kecil pertama, senyum dan cerialah! Hal mudah bukan?
Tersenyumlah saat ibumu memasakan makanan untuk kita (jangan lupa berterima kaaih juga), tersenyumlah ketika Ayahmu pulang dari kerjanya (Dan jangan lupa ucapkan selamat datang dan salam).
Terseyum dan cerialah membuat mereka ikut bahagia.
Karena orangtua kita, terutama ibu, ikut bahagia bila melihat kita bahagia! Hal yang kecil bukan? Hal kecil itu bahkan bisa membuat mereka bahagia juga! Jadi tersenyum dan cerialah pada mereka!
Hal kecil lainnya, lakukanlah apa yang membuat mereka senang! Hal ini mudah dilakukan apabila dikerjakan dengan ikhlas, semangat, dan tekad...
Tawarkan bantuan pada Ibumu yang ingin atau sedang memasak, mencuci baju atau piring, menyapu, mengepel atau lainnya... Walaupun ibumu menjawab 'tidak usah' atau 'tidak perlu', tapi pasti dalam hatinya senang melihat anaknya yang melakukan hal baik.  Selain itu, ketika ayah baru pulang dari kantornya, ucapkan salam dan salim, ambilkan aur minum untuknya atau tanyakan apakah ia capek atau lelah... Dengan begitu pasti Ayah akan senang melihat kita...
Nah, mudahkan contoh hal kecil itu dilakukan?
Apa ada yang ingin membantu orangtua ketika keadaan sedang kritis? apa yang dilakukan?
Ketika membantu orangtua saat keadaan sedang kritis, merekapun merasa bahagia dengan kita...
Apa yang bisa kamu lakukan? Kamu punya hobby atau bakat? Jadikan hobby atau bakatmu untuk membantu orangtuamu...
Menulis adalah hobby dan bakatmu? Kamu bisa membuat cerpen, novel, biografi, dan sebagainya... Untuk lomba-lomba atau membuat buku. Dengan begitu, ketika kamu memenangkan lomba atau berhasil menerbitkan buku, kamu akan dapatkan hadiahnya dan honornya! Bisa untuk membantu orangtuamu, juga mereka akan bahagia!
Melukis, menggambar, mewarnai bakatmu? Atau fotoragri, Membuat puisi, syair, atau apapun bakatmu?
Itu bisa membuat orangtuamu bahagia dan membantunya!
Bahkan walaupun kita tidak menang atau belum berhasil, orangtuamu akan tetap bahagia dengan kita karena berusaha membantunya!
Nahhhh, yang sudah dijelaskan semuanya sudah masuk ke pikiran kalian?
Begitulah, dengan hal kecil itu bisa membuat kita bahagia!
Ingin membuat bahagia orangtua kita? Lakukanlah hal kecil untuk membuat mereka bahagia!
Kalau kita membuat mereka orangtua kita bahagia, mari lakukan! Bahagiakan juga orang yang membuat kita bahagia dengan hal kecil dan hal besar!
Lakukan untuk membuat bahagia bahkan dengan hal kecil saja!
Bila bisa lakukan hal besar juga, bagus sekali!
Bahagiakan orangtua kitabyang membahagiakan kita bahkan bisa dari hal yang keciiil...
-Author Finished-


Terima kasih sudah membaca Esay karyaku, Nathania Luvena Lais.
Semoga esay ini bermanfaat bagi kalian semua...
Semoga kita makin sayang pada orangtua kita dan membahagiakan mereka juga ^^

Salam manis dari Vena yang Manis.... hehehe ^,^

Perjuangan penulis hebat Stephen King

Kalian merasa putus asa bila satu naskah kalian di tolak? Dan langsung move on tidak berusaha lagi?
Kalian tidak tahu, seorang penulis hebat dan sukses perjuangannya pun juga panjang?
Sama seperti Stephen king! Siapa Stephen King itu?
Stephen King adalah seorang pekerja menyetrika. Istrinya pembantu di waktu malam.
Keadaan ekonomi Stephen King-pun kurang.
Bahkan sampai bayi mereka sakot, mereka tidak mempunyai biaya untuk mengobatinya.
Stephen King suka menulis.
Setiap malam suara mesin ketikan berbunyi. Berlembar-lembar dengan semangat ia mengetikan apa yang ia pikirkan. Mengarang sebuah cerita...
Naskahnya kemudian di kirim ke salah satu penerbit.
Sambil menunggu, ia mengetik lagi cerita lainnya.
Dan, kabar naskah pertamanya datang. Ternyata naskahnya di tolak.
Stephen mengetik lagi dan mengirimkannya ke banyak penerbit.
Alasannya sama dan singkat : Naskah anda belum memenuhi Syarat.
Suatu hari Stephen King mengirim lagi naskahnya dan di baca oleh seorang editor. Dan kemudian sebuah surat datang.
Ternyata naskah Stephen King masih di tolak juga. Namun, editor itu menambahkan sebuah notes. Bahwa ia melihat bakat dalam diri Stephen King. Dan memberikan kata semangat.
Stephen King tetap terus gigih membuat naskah. Namun, sampai ia membuat 30 Naskah novelnya, masih saja ditolak.
Suatu malam karena merasa putus asa, ia membuang naskahnya.
Dan paginya istrinya memungutnya lagi.
Dan berkata, "Kamu tidak boleh menyerah, saat pintu sukses sudah dekat!"
Dengan ucapan istrinya, Stephen King sadar. Iapun menuliskan kembali karyanya. Dengan semangat  teliti, dan menulis dengan hati.
Kemudian ia mengirimkan lagi naskahnya. Dia berdo'a setiap hari.
Dan suatu hari, surat sampai kepadanya dengan hangat. Saat membaca surat dari penerbit, Stephen King gemetar. Akhirnya, ceritanya diterima oleh penerbit.
Stephen kingpun menjadi penulis sukses. Bukunya dicetak dan laku terus menerus. Terus laku sampai dicetak ulang berkali-kali. Filmnyapun juga laku di tonton.

Teman-teman...
Lihat kisah Stephen King tadi kan? Meskipun 30 kali naskah di tolak, ia tetap semangat dan tidak putus asa.
Sampai akhirnya naskahnya diterima dan menjadi sangat sukses.
Teman, bakat hebat dan kepintaran tidak selalu menjamin membuat sukses.

Namun kegigihan dan usaha tanpa henti itulah yang menjamin pintu sukses selalu ada di depan.
Apabila kita selalu mengejarnya tanpa berhenti, maka tergapailah pintu sukses itu. ^,^

Itulah kisah penulis hebat Stephen King dan perjuangannya.
Jangan pernah putus asa, kawan...
Pintu sukses selalu ada, dan kejarlah itu!
Selamat berkarya ^.^

Salam manis semanis aku, Vena... hehehe ^^

PENGUMUMAN LOMBA MENULIS KOREA DALAM KATA DAN RASA-GRASINDO PUBLISHER

Pengumuman lomba #PSA3 yang diselanggarakan oleh Grasindo Publisher sudah ada!
siapakah yang masuk yah?

Selamat untuk para pemenang.... (Alhamdulillah... Aku menang ^.^)
Bukunya kapan terbit? Coming soon...

Arti Menulis Apa siiih?(1)

Hai, teman-teman semua!
Kembali lagi di blognya Luvena sang pecinta buku <3

Siapa yang suka menulisss?
Eh, kira-kira apasih iti arti menuliis? Yuk, kita lihat arti menulis bagi banyak orang ;)
~~~~~~~~

APA ARTI MENULIIIS???

-Menulis itu hal yg menakjubkan yg tak bisa diungkapkan dengan kata-kata
(Kak Dadan Ramadhan)

-Menulis itu menabung Ide
(Kak Andi Asfandiar)

-Penuangan ide imajinasi yang ada di dalam pikiran dituangkan menjadi bentu tulisan.
(Nathania Luvena Lais)

-Menulis? Pencurahan isi hati, pikiran, dan ide melalui kata-kata.
(Dinda Yuliani PS)

-Menulis adalah sebuah kegiatan yang dapat mengubah hidupku
(Dhara Rahayu Prasetyo)

-Menceritakan sesuatu lewat kata-kata
(Annisa Mahdi Sholeha)

-Menulis bagaikan duniaku
(Waffa)

-Menuliskan sesuatu dan tertarik dalam dunia yg ku tulis
(Ester Chaterine)

-Menulis itu , seperti kombinasi warna langit saat senja. Begitu menawan dan memanjakan mata, hingga tak bisa diungkapkan dengan kata-kata
(Muhamad Rafid Nadhif Risqullah)

-Menulis adalah tentang mengekspresikan apa yang tidak bisa kita lakukan dan jalani, dengan menulis segalanya menjadi mungkin, menulis itu adalah salah satu cara mengobat hati 
( Kak Faisal  AS)

-Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menuangkan isi kepala ke dalam bentuk tulisan.. 
(Fayanna)

-Menulis itu seperti menuangkan ide-ide kreatif dan ajaib hingga menciptakan sesuatu yang ajaib seperti menciptakan mantra dari tongkat sihir
(Vitta Annabelle)

-Menulis karena aku Suka
(Laksitta Judith)

-Menulis itu menyenangkan
(Alifia ayu)

~~~~~~~

Nah, itu dia menulis bagi merekaaa..

Sebenarnya masih ada banyak lagi...
Tapi jari-jariku sudah keriting, niiih...
Selanjutnya ada di Arti Menulis apa siih(2)

Okeh! Yuk, sudah tahu arti menulis bagi sebagian orangkan?

Mari-mari, kita menuliiiis dengan semangaaat!
Ciaoooo! Hwaiting ;)

Salam manis untuk semuanya ;)

Hal Penting Dalam Menulis!

Hai teman-teman!!!
Sudah lama Vena tidak mempost blog ini yah ;)
Kali ini, Vena akan memberitahu hal-hal penting dalam menulis.
Langsung aja kita bahas yuk ;)
-------------
Menulis bukan asal menulis saja. Ada beberapa hal penting dalam menulis yang harus di perhatikan :D.

Apa saja sih, hal penting dalam menulis? Vena akan menyebutkan beberapa hal penting dalam menulis ;)

1. Idea!
Tentu saja hal ini sangat penting! Tanpa bahan ini, ceritamu tidak akan jadi. Ide adalah pokoknya sebuah cerita.
Ide bisa datang kapanpun dan dimanapun!
Pikirkanlah ide cerita yang menarik dan disukai editor penerbit!!!
Biasanya, editor suka dengan ide cerita yang menarik dan jarang terpikirkan...

2.Plot/Bab
Akan lebih mudah bila kalian membuat plot/bab ceritamu terlebih dahulu...
Setelah buat plot/bab, barulah jabarkan plot/babmu itu dan jadilah sebuah cerita..m

3. Alur
Alur? Tahukan apa itu alur? Yups! Alur adalah jalannya sebuah cerita! Jalannya sebuah cerita tentu saja sangat penting!
Buatlah alur yang benar jangan berantakan!

4.Latar
Tahu pastikan apa itu latar? Latar terbagi dua : latar tempat dan latar waktu.
Latar waktu haruslah sesuai dengan yang di ceritakan.
Latar tempat, jika tempatnya adalah nyata bukan dunia khayalan, maka haruslah benar-benar menceritakan tempatnya yang nyata.

5. Setting
Kalian tahu Panca Indra?
Yah! Mata, telinga, hidung, mulut, dan kulit...
Apa kaitannya denga menulis?
Nah, dalam ceritamu, kaitkan juga 5 Indra itu...
Jadi, misalnya kamu menceritakan sedang di masjid besar sekali.
Nah, tuliskanlah apa yang kamu lihat di masjid itu, apa yang kamu dengar di masjid itu(ramaikah/ tenangkah?), apa yang kamu cium dari masjid itu, apa yang kamu dengar, dan lainnya.

6.Judul
Sebenarnya, judul cerita bisa di tentukan kapan saja.
Bisa langsung menulis judul ceritanya atau menulis ceritanya dahulu baru menentukan judul.
Buatlah Judul yang menarik dan membuat orang penasaran. Karena hal itu akan membuat editor suka.
Tapi, jangan membuat judul menarik tetapi beda dengan apa yang kamu ceritakan...

Nah, itu dia yang Vena rangkumkan mengenai hal-hal penting dalam menulis...

Nah, sudah tahu bukan hal-halnya?
Yuk! Ambilkan kertas dan penamu atau nyalakan program komputermu dan mulailah menuliskan cerita....

Fightting! Hwaiting! Spirit! Ganbate! Semangaaat!

Salam manis untuk semua...

Siapakah Jean Dauminique Bauby???

Kalian merasa tidak bisa menulis? Kalian merasa kalian tidak punya waktu untuk menulis?

Nah, Jean Dominique Bauby ini pantas jadi inspirasi kamu!!!

JD Bauby adalah seorang editor kepala majalah Elle, majalah fashion yang mendunia itu.

Ketika berusia 43 tahun, JD.Bauby mengalami stroke yang membuat ia mengalami sindrom bernama 'locked in syndrom'.

Itu membuatnya tidak dapat menggerakkan apapun kecuali mengedipkan mata kirinya saja.

Dengan kondisi itu, dia bisa menyelesaikan satu buku setebal 140 halaman!!! Bagaimana caranya ya???


Caranya, dia menyewa seorang asisten bernama Claude Mendibil, yang membantu menulis huruf demi huruf.

Claude M mendiktekkan huruf demi huruf. JD Bauby mengedipkan matanya untuk menjawab. Satu kedippan artinya ya dan dua kedippan artinya tidak.

Wiiii... Kebayangkan susahnya perjuangan JD Bauby. Tapi, kegigihannya membuahkan hasil manis....

"Menulis itu banyak godaannya, tapi kalau kita gigih, akan berbuah manis hasilnya".

Nah kawan-kawanku yang ingin menjadi penulis, ingat cerita JD Bauby ya...
Dan  gigih lah dalam keadaan apPun itu...

Semangat menulis...

Salam manis,Vena 💖

ARTI SAHABAT

Apakah semua orang dapatkan sahabat sejati selamanya  ?
punya banyak sahabat ??? apakah sahabatmu itu benar-benar sahabat yang sejati ? 
Banyak orang yang punya sahabat tapi hanya bertahan tak lama kan ?
Itulah mengapa kita harus tau siapakah seseorang dapat kamu bilang sahabat sejati !!!Oke,langsung aja baca apa arti sahabat sebenarnya.... 

Arti sahabat sebenarnya yakni ;

  1. Seseorang yang selalu ada menemanimu
  2. Seseorang yang dapat mendengarkan curahan hatimu dan tidak membocorkannya pada orang lain
  3. Seseorang yang mau berbagi apapun itu baik berbagi cerita,makanan atau pengalaman.
  4. Seseorang yang dapat membuatmu riang terus menyambut hari.
  5. Seseorang yang selalu percaya padamu ketika ada orang yang menuduhmu.
  6. Seseorang yang tak akan membuatmu jengkel.
  7. Seseorang Yang tidak melakukan apa yang kau tidak suka

FOTO THEATER 2014

Theather, the Author Advanture, sebuah kegiatan seru para Penulis-penulis.
Acara sharing info kepenulisan, meet and great together, dll everything unforgeting moment...
Aku mau share nih, foto-foto waktu di acara keren ini...
~~~~~~~


Itu foto waktu Kak Sri Izzati-penulis KKPK pertama-memberikan tips-tips berguna seputar dunia penulisan... Thank You kak Izzati...
~~~~~
Foto atas itu waktu apa? Itu waktu pengajaran penulisan plot oleh kak Boim Lebon. Ada yang kenal tidak? Kakak Penulis ini lucu banget, lho...
Makasih untuk pengajarannya kak Boim!

~~~~~

Foto di atas waktu meet and great Komikus 'THE MUSLIM SHOW'. Wahhh, keren... jauh-jauh kakak-kakak ini datang Ke Indonesia dari Prancis! Seru ketemu dengan  komikus prancis hebat ini... Hihihii...
~~~~~~~


Foto di atas waktu di museum PUSPE IPTEK Bandung.
~~~~~~~~


Sebenarnya masih banyak sekali foto-foto waktu di acara kece ini....
Ahhh, pengen deh ngulang waktu pas masih ikutin acara ini...
Acara ini, bikin semangat nulis aku bangkit lagi...

Theater, The Author Advanture! The Unforgeting Moment!
Hope we can meet again in next time...


INI DIA PARA PESERTA YANG TERPILIH KPCI 2014 KATAGORI PANTUN

Ini dia para peserta yang terpilih KPCI 2014 Kategori Pantun

  1. Samudra
  2.  M. Ghafiqi Al Hakiem
  3.  Ineu Nisrina Qathrunnada
  4.  Achmad Sofiyulloh
  5.  Rebecca Anastasia Hartono
  6.  Fadhila Firda
  7.  Ghina Imtinan
  8.  Ratih Nurmala
  9.  Arthur Fadillah Wahyujati
  10.  Sindi Dwi Permatajati
  11.  Angela Nadya Putri Ditya
  12.  Almaida
  13.  Sania Muji Lestari
  14.  Alviania Tiara Zulfa
  15.  Shella Nadya Rahma
  16.  Aryna Dwi Wahyu Meikasari
  17.  Desfika Stevania Marantika
  18.  Hersyanda Ramdhani Mahira Arifin
  19.  Nanaza Saira Fahros
  20.  Tazqia Kintan Puspitasari
  21.  Nazwa Aurelia Bazla
  22.  Rahmah Wuli Dati
  23.  Wahidah Mevi Nihayah
  24.  Salva Azzahra
  25.  Nadhila Aliyya Siswanto

Selamat, ya! :) Adik-adik yang lolos akan dihubungi oleh kakak-kakak panitia.

INI DIA YANG LOLOS KPCI 2014 KATAGORI CERPEN!!!

HAI TEMAN-TEMAN!!!

INI DIA YANG LOLOS KPCI 2014 KATAGORI CERPEN!!!

PEMULA
  1. Diandra Nugraha Brilliansyah
  2. Nadhila Aliyya Siswanto
  3. Prasasti Putri Anli
  4. Afifah Marsyla Fadhilati
  5. Bintu Tsaini Haunaniswah
  6. Cindy
  7. Dhiya Ulhaq Annisa
  8. Viona Dwi Irawati
  9. Hilma Muthmainnah
  10. Ahek Horiq Manaf Iha
  11. Hasna Gahayu Febriyanti
  12. Najwa Chana Indica
  13. Ananda Putri Kusuma Dewi
  14. Fadiya Tsabita
  15. Jauza' 'Athifah Hanum
  16. Kanaya Azlia Sava
  17. Melati Lokita Sari
  18. Cherien Alpa Heryan Jushi
  19. Nathania Qoulan Syadida
  20. Rahmah Aqilah Murtiati
  21. Elen Enjelina
  22. Melani Ellizzabeth
  23. Adysa Nandyta Maurentina
  24. Ni Made Maya Laksmi Parwati Dewi
  25. Adeeva Afsheen Myesha Rosyad
  26. Annisa Mahdi Sholeha
  27. Bernadette Ashley Tirtadji
  28. Rahmadieni Fitria Salsabila
  29. Juan Christofel Advent Thio
  30. Lalita Leilani Andiani
  31. Najwa Anisa Safitri
  32. Aisyah Yasira Fitri
  33. Alifa Suci Parameswati
  34. Hidayat Nur Wahid
  35. Khodijah Zahra
  36. Putri Farisya Nabila
  37. Syakila Eka Larasati
  38. Aisyah Hanun Jahraa
  39. Alma Nadya Kusuma
  40. Amala Khairina Syahidah
  41. Ganang Adi Ningrum Wicaksono
  42. Jasmine Meilani Halim
  43. Tania Momtaza
  44. Frista Ameylinda Rahma
  45. Viona Joycelyn
  46. Fawwaz Hizqan
  47. Geminisya Aldhea T.
  48. Nathania Luvena Lais
  49. Rahma Jenniva
  50. Raisa Nazhifa Adyaputri
  51. Adiva Fauziah Diswan
  52. Alifia Ayu Rizki Alya
  53. Aliyaa Daniswara
  54. Andi Tentribali Hikmah Napacce
  55. Dinda Aprilia Putri
  56. Najma Khairina Rafidah
  57. Rahmadita Dwi Adianto

PENULIS
  1. Bintang Nurul Hidayati
  2.  Khansa Tabina Khairunissa
  3.  Nadia Shafiana Rahma
  4.  Kesya Kireina Hidayat
  5.  Queen Aura
  6.  Fayanna Ailisha Davianny
  7.  Hana Alfazzahra
  8.  Fida Zalfa Latifah Yasmin
  9.  Shofiyyah Lukman
  10.  Yuki Kristina Lase
  11.  Neubriana Fathin Lagoina Maulana
  12.  Ahmad FATHAN Ar- Refah
  13.  Rubee Putri Risdiyanto
  14.  Princeyla Aughea 
  15. Aisya Aulia Sudarajat
  16.  Pascal Brahmantyo Hadiyanto
  17.  Galuh Edelweiss Sayyidina Rosyad
  18.  Syifa Auliya Nurazizah
  19.  Muhammad Rafid Nadhif Rizqullah
  20.  Rafa Itsnaini Sya'bani
  21.  Fathiya Amatullah
  22.  Najma Alya Jasmine
  23.  Ahdra Tsaqofa Hidayat
  24.  Nabiela El Rizqa
  25.  Fatimah Azzahra
  26.  Sayyidah Fatimah Azzahra
  27.  Savitri Nurudzaati Al-Kautsari
  28.  Alya Nabila Putri
  29.  Qanita Aisya Muhali
  30.  Nadhifa Khansa Aurora
  31.  Keisya Naura Ayu Prasasya
  32.  Rachel Sabiyan Naqo
  33.  Amelia Maharani Putri

Selamat, ya! :) yang menang akan dihubungi oleh kakak-kakak panitia.

O,yasampai ketemu lagi teman-temanku!!!

Yang belum lolos,SEMANGAT TERUS YA!!!KALIAN PASTI BISA!!!

TIPS MENPERCEPAT MENYELESAIKAN NASKAH

Hai Teman!!!Kali ini Aku mau kasih tau tips Mempercepat menyelesaikan naskah kalian!!!Semoga berhasil Ya...

Tips-Tipsnya dibawah ini :

1.Membuat target perhari.
  maksudnya adalah,kita harus membuat target cerita perharinya.
  Contohnya perhari kamu harus menyelesaikan minimal 1 lembar.

2.Tidak kecanduan Internet.
   Jadi,kita gak boleh kecanduan sama internet terus...
   kalau maininternet terus,kapan dong kalian nulis ceritanya???

3.Membuat Jadwal tertatur.
   Nah,teman-teman juga harus membuat jawal yg tertatur ya...
   Supaya apa sih?Pasti kalian juga harus belajarkan?
   Makanya harus membuat jadwalnya...
   Misalnya pulang ngaji harus mengetik cerita sampai maghrib.
   Dengan membuat jadwal,kalian bisa membagi waktu kalian!!!

Gimana teman-teman???Mudah kan???AYO SEMANGAT TERUS MENULIS CERITANYA!!!

Salam manis dari Nathania Luvena Lais ^_^

CARA KIRIM NASKAH KE PENERBIT BUKU KKPK,MIZAN

INI DIA CARA KIRIM KE DAR!MIZAN SERI  NASKAH KECIL-KECIL PUNYA KARYA...

  1. KKPK kumpulan cerita terdiri atas 15-20 cerita
  2.  KKPK komik di tulis dan di gambar pada kertas HVS ukuran polio.Boleh hitam-putih atau full colour dan halamannya 120 halaman.
  3. Novel KKPK di ketik dengan spasi 1,5 , font 12,times new roman dan tebal halamannya minimal 45-50 halaman.
  4. Usia untuk penulis KKPK adalah 4-12 tahun
  5. kirimkan ke :
    redaksi mizan jalan cinambo no.145 cisaranten wetan unjung berung bandung 40294.Beserta biodata lengkap.
Dari : Dar! Mizan.

~salam dari anak yg suka baca buku,aku,Luvena~

CARA DAPETKAN IDE MENULIS CERITA

HAI!!!
Ada info cara dapetkan ide cerita nih...

~seorang penulis menuliskan cerita berawal dari Ide yg di dapatkannya...
~Ide cerita bisa kita dapatkan dengan :

1.melihat keadaan atau alam sekitar.seorang penulis  cerdas yang melihat sesuatu menarik,ia akan    mengolahnya menjadi cerita yang menarik juga...

2.berasal dari Imanijasi...
biasanya,seorang penulis mempunyai imanijasi yang tinggi.
Imanijasi itu bisa berupa khayalan dia dan membuat mereka mempunyai ide dari situ...

~Penulis juga bisa dapet ide cerita dari hal yang membuat dia penasaran...Dia akan membuat rasa penasarannya menjadi cerita yang menarik...

♥SALAM MANIS DARI VENA ♥

KEUNIKAN FILM DISNEY FROZEN

HAI TEMAN-TEMAN!!!!

kalian pasti sudah ada yang pernah nonton film disney frozen kan??
Nah,aku akan ceritakan keunikan dari film tersebut...

Disney frozen berbeda dari film disney lainnya.
Jika biasanya disney happy endingnya maried,Film frozen berbeda...
Happy ending dalam film Frozen itu adalah tentang saudara kembar

Dan isi pokok dalam film frozen bukan pangeran dan putri....tetapi sepasang saudara kembar...

Film frozen sangat cocok untuk anak-anak kecil karena mengandung pesan moral yg baik!!!
Diantaranya :
~Mengajak untuk melawan rasa takut
~True love yg True itu adalah Famiily...
~dan masih banyak lagi...

~salam manis dari ku~


AKU?

Halo. Namaku Nathania Luvena Lais.
Tapi lebih sering dipanggil Luvena atau Vena.
Lahir dan masih tinggal di Tangerang.
9 Juli 2003, dimana pertama kali aku melihat dunia.

Aku?

Punya seribu asa.
Maniak es krim dan kucing.

Kalau mau tau aku yang gimana lebih gimana, ya be friend with me.
And i'd like be friends!


Sosmed :
Facebook : Nathania Luvena Lais
Instagram : Luvena_Vena9


HOME

HALLO SEMUANYA!!!

SELAMAT DATANG DI BLOGER "♥LUVENA,pecinta buku♥"YAH....

KALIAN BISA MENCARI SESUATU YANG UNIK DI SINI!!
ADA TENTANG ANIME,PELAJARAN,INFO BERITA DAN LAINNYA.

SELAMAT MENGUNJUNGI....

SALAM,NATHANIA LUVENA LAIS (SANG PECINTA BUKU).