WELCOME TO MY BLOG

Calon Penulis, Psikolog, Violinist, Komikus, dan Musisi yang akan menghias dunia dengan imajinasinya.

Lestarikan Batik, Lestarikan Kebudayaan Indonesia!

Hallo sahabat! Sekarang tanggal berapa? 2 Oktober 2015!
Wow... Ada yang tahu gak, sekarang itu diperingati sebagai hari apa? Hayooo... Sebagai warga Indonesia, kita harus tahu dong!
Hari ini adalah Hari Batik Nasional! Wahhh, kita sebagai warga Indonesia harus bangga dong!
Batik sudah diakui bahkan oleh orang-orang luar negeri. Oleh-oleh yang dibawa Turis dari Indonesia salah satunya juga batik!
Wah, bangga banget yah!
Nah, mumpung hari ini hari batik nasional... Tema hari ini adalah : Batik. Hehehe...Maka sekarang Vena mau ngasih pengetahuan nih untuk kalian semuaaa!
Kalian tahu batik, tapi tahu gak sih sejarah batik?
Batik berasal dari bahasa Jawa yang tersusun atas dua kata yaitu "amba" yang mempunyai arti 'menulis' dan kata "titik".Istilah batik ini merujuk kepada kain dengan corak bahan. "malam" ( alat membatik ) yang di gunakan untuk menahan warna masuk ke bahan atau dengan kata lain alat yang digunakan untuk menuliskan corak dalam membuat batik.pada zaman dahulu corak yang di hasilkan pada umumnya adalah corak binatang dan tanaman.

Sejarah Batik Indonesia

Pada Abad XVII batik ditulis oleh nenek moyang bangsa indonesia di atas Daun Lontar.dengan corak binatang dan tanaman kemudian seiring bergulirnya waktu,corak batik berganti menjadi corak beralih pada corak bermotif abstrak yang menyerupai awan ,relief candi,wayang beber dan sebagainya dang media yang di gunakan mulai menggunakan bahan kain putih hasil tenunan sendiri.Dan mulai menggunakan warna yang terbuat  dari tumbuh - tumbuhan yang terdapat pada kekayaan alam di indonesia. Tumbuh - tumbuhan yang sering digunakan antara lain pohon mengkudu,tinggi,soga dan nila,dengan menggunakan bahan soda dari soda abu dan garam yang digunakan dari tanah lumpur.

Batik di indonesia telah di kenal sejak zaman kerajaan majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan selanjutnya. Batik mulai meluas pada akhir abad ke XVIII atau awal abad ke XIX. pada zaman ini batik yang tercipta semuanya merupakan batik tulis sampai awal abad ke XX baru pada tahun 1920 seusai perang mulai muncul Batik Cap.

Nahhh, itu dia yang Vena bisa berikan info tentang batik di hari batik nasional ini....
Kita harus bangga dong dengan kebudayaan kita ini dan ikut melestarikannya!

Go,go! Anak bangsa, remaja bangsa, dan semua warga bangsa Indonesia, mari lestarikan kebudayaan Indonesia, contohnya adalah batik kitaaa!

Macam-macam batik ada di Indonesia! Setiap daerah punya batik khas sendiri. Itulah yang membuat Indonesia kaya akan kebudayaannya!

Sampai disini dulu Vena sampaikan tentang Batik!
Yuk, Lestarikan Batik!
Lestarikan Batik, Lestarikan kebudayaan Indonesia!

Salam hangat sehangat mentari untuk Kita Warga Indonesia di hari batik nasional ini!!!!

-Nathania Luvena Lais-

And.... happy Batik's Day 2015!

4 komentar: